Barito Timur

Pendidikan Karakter

In pendidikan on Oktober 20, 2010 at 3:53 pm

Dalam rangka memperingati Dies Natalis ke-26 Universitas Terbuka, Ikatan Keluarga Alumni (IKA) UT bersama Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ-UT) Surabaya, mengadakan kegiatan Seminar Nasional dengan tema “Meretas Pendidikan Karakter dengan Go Green”.

Seminar nasional ini dilaksanakan pada tanggal 9 Oktober 2010 di Gedung LPPM Universitas Airlangga, Kampus C Unair Mulyorejo, Surabaya. diikuti sebanyak 634 orang peserta, yang terdiri atas mahasiswa UT, alumni UT, praktisi pendidikan, pengurus Pokjar dan seluruh pegawai UPBJJ-UT Surabaya, dengan pembicara utama Prof. Dr. Kisyani, M.Hum, (Tim Nasional Pendidikan Karakter Dirjen Dikti Kementerian Pendidikan Nasional dan Kepala UPBJJ-UT Surabaya), dan Muhammad Zahri, M.Pd (Kepala Departemen Yayasan Al-Hikmah Surabaya).

Seminar ini dibuka secara resmi oleh Kepala UPBJJ-UT Surabaya, Prof. Dr. Kisyani, M.Hum. Dalam sambutannya Kepala UPBJJ-UT Surabaya menyampaikan bahwa selama ini pemerintah telah berupaya membangun karakter bangsa, tetapi hasilnya belum seperti yang diharapkan. Berbagai fenomena yang muncul, mulai dari disorientasi nilai-nilai luhur pancasila, bergesarnya nilai-nilai kehidupan, memudarnya nilai-nilai budaya bangsa, ancaman disintegrasi bangsa, sampai pada munculnya kerusuhan antaretnis yang belakangan ini marak di berbagai daerah di Indonesia, menyadarkan kita akan pentingnya revitalisasi pembangunan karakter bangsa. Dalam bidang pendidikan, hal itu dipakai dengan tema” pendidikan karakter”.

Kepala UPBJJ-UT Surabaya, juga menyampaikan bahwa UT sebagai PTN diberi amanah menjalankan program pendidikan dengan sistem belajar jarak jauh (SBJJ) yang peka, peduli, dan berupaya untuk mengantisipasi semakin rusaknya karakter bangsa. Sebagai wujud partisipasi UT dalam meretas pendidikan karakter, sejak bulan Mei 2010, diluncurkan gerakan UT Go Green di lingkungan kerja UT guna mewujudkan nilai dan karakter jujur, cerdas, tangguh, dan peduli dalam pemanfaatan sumber daya pendidikan.

Di samping itu, Kepala UPBJJ-UT Surabaya, menyampaikan bahwa di usianya yang ke-26, UT bertekad meningkatkan penyelenggaraan pendidikan jarak jauh yang berkualitas untuk mencapai standar internasional dan menjadi salah satu World Class University (WCU). Hal ini sesuai dengan visi UT untuk menjadi institusi PTTJJ (Pendidikan Tinggi Terbuka dan Jarak Jauh) berkualitas dunia, pada tahun 2021, dalam menghasilkan produk pendidikan tinggi serta dalam menyelenggarakan, mengembangkan, dan menyebarkan informasi PTTJJ.

UPBJJ-UT Surabaya merupakan salah satu UPBJJ-UT di antara 37 UPBJJ yang ada di Indonesia. Sebagai jaringan institusional UT di daerah, UPBJJ-UT Surabaya memiliki komitmen kuat untuk senantiasa mendukung tercapainya visi UT dengan memberikan layanan akademik dan nonakademik yang berkualitas kepada seluruh mahasiswa. Jumlah mahasiswa registrasi di UPBJJ-UT Surabaya saat ini ada 22.434 orang, yang tersebar di seluruh wilayah UPBJJ-UT Surabaya, meliputi 15 Kabupaten dan 3 kota di Jawa Timur, mulai dari Ponorogo, Magetan, Ngwai, terus ke Timur sampai Sumenep.

Tumbuh kembang UPBJJ-UT Surabaya telah menorehkan berbagai prestasi, setiap tahun mulai 2004 UPBJJ-UT Surabaya selalu memperoleh pengharaagaan dalam bidang manajemen, termasuk telah memperoleh ISO pada tahun 2007. Pada tahun 2010 ini, UPBJJ-UT Surabaya kembali meraih berbagai prestasi membanggakan, diantaranya; UPBJJ-UT Terbaik Harapan I di antara 37 UPBJJ di seluruh Indonesia, Kepala Sub. Bagian Tata Usaha UPBJJ-UT Terbaik II, a.n. Sudewo, S.IP, Pegawai Teladan II, a.n. Drs. Agus Prabowo, S.E, Mahasiswa Berprestasi II, a.n. Hermansyah, Prodi Akuntansi, dan Mahasiswa Berprestasi III, a.n Ribut Ramayanti, Prodi Manajemen. Selain itu, sejak September 2007, UPBJJ-UT Surabaya telah memperoleh ISO untuk bidang distance learning services.

Dalam kesempatan yang lain, Muhammad Zahri, M.Pd, banyak menyampaikan pengalaman praktis yang telah dilakukan oleh Yayasan Al-Hikmah dalam meretas pendidikan karakter dengan go green, diantaranya melalui empat program utama, yaitu; penghijauan lingkungan sekolah, menghemat energi, menghemat air, dan mengurangi sampah air kemasan. Pendidikan karakter tidak saja diterapkan dalam kurikulum sekolah, tetapi dalam perilaku dan tingkah laku sehari-hari pun sudah mulai ditanamkan, seperti mematikan lampu dan AC saat istirahat dan jika ruangan tidak digunakan, mematikan semua alat elektronik saat tidak digunakan, seperti komputer, printer, LCD, kipas angin, dan menggunakan lampu yang hemat egergi

Sementara itu, Prof. Kisyani, M.Hum, menekankan bahwa langkah go green merupakan salah satu perwujudan pendidikan karakter, disitu ditanamkan nilai jujur, cerdas, tangguh, dan peduli. Jujur terkait dengan perencanaan, pelaksanaan, kegiatan, dan pelaporan. Cerdas, terkait dengan pemberdayaan sarana elektronik murah sehingga menghemat biaya. Tangguh, terkait dengan ketangguhan mental dan tanggung jawab karena selalu berupaya mandiri dengan pijakan yang kokoh dan kuat dengan memberdayakan kekuatan sendiri secara maksimal. Peduli, terkait dengan keperdulian pada lingkungan, penghematan listrik, air, telepon, kertas, kesemuanya merupakan wujud dari upaya pelestarian dan pengembangan lingkungan secara maksimal.

Di akhir penutupan seminar, Prof. Kisyani, M.Hum, menyampaikan bahwa pendidikan karakter dengan go green perlu disosialisasikan, diinternalisasikan kepada seluruh masyarakat, terutama diawali dari kaum akademik. Dengan jumlah mahasiswa yang sangat besar dan tersebar sampai pulau terkecil sekali pun, UT memiliki potensi yang sangat besar untuk dapat menumbuhkembangkan pendidikan karakter ke seluruh pelosok tanah air. Dengan semangat Go Green diharapkan para mahasiswa UT yang sebagian besar terdiri atas para guru dapat menumbuhkembangkan pendididikan karakter sehingga menjadi teladan bagi peserta didik dan lingkungannya dalam mewujudkan bangsa Indonesia yang “JUJUR, CERDAS, TANGGUH, dan PEDULI. (Pardamean Daulay)

sumber : http://www.ut.ac.id/indeks-berita-ut/315-meretas-pendidikan-karakter-dengan-go-green.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: