Barito Timur

MENAKSIR JARAK

In pramuka on Maret 9, 2010 at 8:08 pm

Pada saat kegiatan di lapangan, terkadang kemampuan memperkirakan jarak atau ketinggian suatu tempat perlu dikuasai. Bagi para anggota pramuka tentu bukan hal yang asing, karena hal ini memang agian dari materi yang harus dikuasai, terutama anggota pramuka penegak/pramuka tingkat SMA.

ALAT-BAHAN yang diperlukan adalah

GAMBAR KOMPAS BIDIK  diambil dari sini dan sini

Kompas bidik ( untuk membidik sudut)

Tongkat ( untuk menancapkan tanda)

Tali ( untuk mengukur jarak hasil perhitungan)

Berikut ini cara memperkirakan jarak titik A yang diukur dari titik B menggunakan kompas bidik

  1. Dari posisi B ditentukan besaran bidik titik A sebagai acuan. Titik A bisa berupa pohon yang sudah ada di seberang sungai. Misalnya titik A berada pada posisi [X derajat]
  2. dari posisi B menentukan besaran bidik titik C yang besarnya [ X + 90]. Titik C ini diperkirakan lebih jauh dari lebar yang akan ditaksir. Titik C dibuat dan ditancapkan tongkat sebagai acuan.
  3. Diupayakan jalan menuju titik C adalah rata/datar dan tidak banyak rintangan.
  4. Besarnya sudut bidik di titik D  adalah [X – 45]. Dan terlatak antara titik B dan titik C.
  5. Setelah diketahui besar sudut titik D, kemudian beridiri di sekitar perkiraan titik D dengan membidikkan kompas ke arah titik A hingga diperoleh angka sebesar [ X – 45], sambil bergeser dan berhenti pada sudut [ X – 45]
  6. Jika kompas telh menunjukkan [ X – 45],berarti titik D telah didapat. Tancapkan tongkat atau tanda sebagai titik D
  7. Jarak antara AB dan DB adalah sama. Dengan menggunakan tali atau tongkat, diukur jarak BD
  8. Sekarang dapat diketahui bahwa jarak AB sebesar BD ( tentu ini hanya perkiraan yang mendekati)

Contoh perhitungan

A = 265 dari posisi B membidik A

Berarti C sebesar ( A + 90) = 265 + 90 = 355 dari posisi B membidik C

Jadi D sebesar ( A – 45 ) = 265 – 45 = 220, dari posisi D membidik titik A

Diperoleh AB = BD sesuai rumus tangen pada gambar di bawah ini

PITUDUH : Kawrúh lan “Ilmu pêngêtahuan” iku múng biså digayúh lan dikuwasani kanthi laku kang laras karo åpå kang diwulangaké.

  1. teringat waktu di spg dulu, kang bud. saya suka ikut2an melacak jejak dan merambah alam, sehingga akrab dengan taksir-menaksir jarak. tapi hanya berdasarkan instink. ternyata sekarang sdh ada teknologi tepat gunanya. makasih info dan sharenya, kang.

  2. Kelihatannya melihat acara pramuka asyik ya. Sayang dulu diriku tidak sempat mengalaminya. Karna …

  3. Kalo untuk membidik cewek bisa gak Kang😀
    .-= posting terakhir sahabat Wahyoe´s ..Benarkah Payperpost Scam???? =-.

  4. Ingat pramuka jadi ingat saat KMD ketika SPG seperti p sawali. Pas kegiatan malam malah umpetan di tengah kuburan.
    .-= posting terakhir sahabat M Mursyid PW´s ..Multimedia Interaktif Pelatihan Soal UN Bahasa Inggris =-.

  5. Saya dulu jadi panitia lomba lintas gerap matematika
    Acaranya kurang lebih jawab soal di hutan yang soalnya tersedia di setiap pos. Kompas digunakan untuk menemukan pos tersebut
    .-= posting terakhir sahabat cobaberbagi´s ..GURU GO BLOG =-.

  6. Eh urutan comentnya udah terbalik ni
    Maaf pak Budi pertanyaan tentang urutan coment nda saya jawab karena saya lupa caranya🙂
    .-= posting terakhir sahabat cobaberbagi´s ..GURU GO BLOG =-.

    @Makasih pak, atas perhatian bapak

  7. Ilmu matematika bisa menjembatani kebutuhan kita sehari-hari, nice post pak Budi.

  8. Semuanya teringat masa lalu tuh mas Budi, saya juga pertama kali kenal kompas 20 tahun yang lalu. Tetapi sampai sekarang sesekali masih menggunakan juga. Maklum saja, rimbawan.

  9. @aldy:
    ya semoga masa lalu yang diingat yang menyenangkan
    terima kasih kunjungannya

  10. ammpuunn gan,,,angkat tangan lah…
    :mrgreen:

  11. Sayangnya waktu SMA guru fisikane nggak pernah praktek pak.

  12. Lha ini kan pelajaran Mariska sekarang kak, memangnya kakak guru fisika ya?

  13. Nek gurune kaya pak Budi ngunu iki, anyak-anyake mesti maju. Lanjutken pak, perbanyak praktek yang bisa dipraktekin.

  14. […] bersyukur, begitu pesan bapakku, ketika blog ini bisa muncul kembali walupun dengan tampilan yang masih sama dengan blog wordpress […]

  15. @Mariska Ayu: saya gurumutan Ka, ya dang kadang ngajar fisika, kimia, bahasa wis .. mbuh
    .-= posting terakhir sahabat budies´s ..MENAKSIR JARAK =-.

  16. salam silaturahim dari Lereng Muria, Pak😀
    berkunjung kembali setelah vakum beberapa hari, biasa… nyari wangsit. hahahhaa….

    weeehh…. ngelmu baru lagi nih buat Cah Ndeso. Ijin ngopi ya pak. Siapa tau besok klo Syifa dah sekolah membutuhkannya. Sekali lagi matur suwun
    .-= posting terakhir sahabat cah ndeso´s ..Earn more money with safe hosting =-.

  17. Terima kasih infonya, pembina pramuka yg baru ditunjuk disekolahku baru2 ini snya sy tentang hal ini.

  18. Ilmu yg ini sangat penting buat para pembina dan anggota pramuka,Pak.
    Terimakasih atas infonya.

  19. hahaa.a..bro..itu dikuliah dulu pas mabim=masa bimbingan, lebih daripada itu sudah dipelajari sih…hhee.e..mantaf postingannya salam pramukaa….

  20. ketemu sudutnya terus pake kalkulator bisa Pak ya….biar cepet ngitungnya. info bagus….salam hangat selalu.
    .-= posting terakhir sahabat yusami´s ..KEJUTAN UNTUKKU =-.

  21. Cah ndueso:hanya sekedar menulis dibawah postingan dan komentar,hehehe

  22. wah mendapatkan pengalan dan ilmu baru lagi saya pak .. terimakasih banyak …

  23. Terima kasih banyak bro ilmunya, dari dulu sy bingung apa fungsi bidikan yang ada dikompas itu. rupanya bisa untuk mengukur jarak toh.. nice info nih.. ijin kopas ya?

  24. aku jadi pintar…..heheeh
    makasih y
    kekuatanmu adalah selalu memberi sesuatu yg baik tuk kita smeua
    salam dalam kehangatannya aku
    .-= posting terakhir sahabat kezedot´s ..wanita dengan gincu merah berdarah perawannya malam…………. =-.

  25. perlu belajar banyak ya guna mencapai tingkat mahir dalam menentukan jarak suatu titik😕 aku aja sampe berkali2 membaca dan membayangkan praktek kompas:mrgreen:
    salam hanagt serta jabat erat selalu dari Tabanan

  26. heheh
    aku gak mudeng beginian😀
    makasih yaw jd sedikit tau😀

    berkunjung dan ditunggu kunjungan baliknya
    makasihhh😀

  27. nah, ini baru namanya blog yg isinya bermanfaat..walau aku gak mudheng, hehe😀
    .-= posting terakhir sahabat Resep´s ..Klepon =-.
    .

    @Terima kasih kunjungannya

  28. blog ini benar2 membagi2kan ilmu pengetahuan yg sangat bemanfaat ,
    walaupun bunda tetap gak mudheng, paling gak bagi yg mengerti dan membutuhkan ilmu ini, bisa dilihat ditulisan ini.
    salam
    .-= posting terakhir sahabat bundadontworry´s ..Merengek, Perlukah? =-.

  29. Selamat Berlatih dan terus berlatih ya…

    jangan lupa kunjungi juga

    http://www.catatanpramuka.blogspot.com

    semoga bermanfaat bagi anggota pramuka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: