Barito Timur

MENENTUKAN ARAH UTARA

In PARABOLA, pramuka on Februari 23, 2010 at 9:28 am

MENENTUKAN ARAH UTARA DENGAN MENGGUNAKAN PISAU SILET

Pertanyaan saya dijawab dengan pertanyaan.

(b) : “Mana arah Barat?”

(t) :  “Sampean tahu gak mana arah matahari tenggelam?

(b): “Lho kalau saya tahu, saya kan gak nanya, lagian saya datang ke sini hari sudah senja dan matahari tak kelihatan karena hujan yang cukup deras sejak sore tadi”. Selain itu posisi matahari tenggelam belum menunjukkan arah Barat sesuai kompas, karena pengaruh revolusi dan pergerakan semu. Pada bulan April-September, matahari berada belahan Utara khatulistiwa. sedang pada bulan September – April, matahari berada di belahan selatan khatulistiwa.

Saya lantas ingat bahwa di dalam dompet ada pisau silet yang selalu terbawa. Kalau gitu saya akan tunjukkan bagaimana menetukan arah utara dengan menggunakan pisau silet. Peralatan yng digunakan adalah :

1. Pisau silet

2. Magnet

3. mangkuk berisi air

Cara menggunakannya adalah dengan menggosok salah satu sisi silet secara searah (jangan bolak-balik). Setelah itu silet diapungkan pada mangkuk yang telah berisi air. Silet yang telah digosok magnet ketika terapung akan selalu menunjukkan arah utara – selatan, sekalipun di goyang dan digerakkan, dia akan kembali menunjukkan arah utara – selatan. Cara ini sering saya gunakan untuk menentukan arah utara ketika memasang parabola di tempat yang agak jauh dari kediaman saya. Namun pada saat itu saya ingin mengetahui arah barat / kiblat, karena sebentar lagi saat Maghrib akan tiba.

Semoga tips sederhana ini bermanfaat bagi yang suka mengembara di tempat-tempat yang jauh dari keramaian.

PITUDUH

Kahanan donyå iku ora langgêng, mulå åjå ngêgungaké kasugihan lan drajadira, awít samångså wolak-walikíng jaman ora kisinan.

  1. Wah, ilmu fisika yang sudah lama terpendam di benak saya tersegarkan lagi.🙂
    .-= posting terakhir sahabat Dhany´s ..Apakah Situs Web Anda Termasuk Spam? =-.

  2. jadi inget lagi pelajaran waktu di sekolah..🙂
    terimakasih pak, udah ingatkan tentang cara ini..

    salam hangat, salam damai selalu..

  3. thanks ya tips nya..😀
    mantab…

    tp adakah trik yang menggunakan peralatan alami untuk menentukan arah utara…???
    .-= posting terakhir sahabat U-marr´s ..Melihat Bencana alam yang terjadi di Tempat tinggalku akhir-akhir ini =-.

  4. berarti perlu bawa silet kalau jalan-jalan nih, biar gak ragu mana arah Kiblat-ku.
    .-= posting terakhir sahabat yusami´s ..1 Syawal =-.

  5. Terima kasih tips nya, salam .

  6. Itu kan arah utara magnetik pak. Sedangkan yang dikenal ada tiga macam arah utara. Utara Magnetik, Utara Geografis, dan satu lagi Utara Peta.

  7. @Nahdi: Ya itu upaya ijtihad sederhana yang kita bisa, daripada ngawur menentukan kiblat
    .-= posting terakhir sahabat budies´s ..MENENTUKAN ARAH UTARA =-.

  8. Salam super-
    Salam hangat dari pulau Bali-
    wah,,, ilmu baru neeh..
    thanks ya….

  9. Info yg bermanfaat,Pak Guru.
    Salam persahabatan juga dari Flores.

  10. teringat zaman SMA Dulu pak…. sekarang dapat pencerahan lagi … mengingat kembali….

  11. terimakasih banyak atas tipsnya pak… ini sangat bermanfaat sekali….
    .-= posting terakhir sahabat bayuputra´s ..PERUBAHAN ZAMAN =-.

  12. wah itu pelajaran ketika sd atau smp saya dulu pak..
    pasti bermanfaat bagi teman2 yang lagi tersesat, kehilangan arah
    .-= posting terakhir sahabat Yunus Chalim´s ..Sistem Propulsi Kapal =-.

  13. koq bawa silet segala di dompet😕 jangan2 dipergunakan untuk tindak…..
    salam hangat serta jabat erat selalu dari tbanan
    .-= posting terakhir sahabat sugeng´s ..Bagaimana Cara Menghemat BBM =-.

  14. Lha kl sudah tahu pasti menghadap utara dan selatan, lalu yang mana utara dan yang mana selatan?

  15. waaahh… bener-bener dah. mantabs rumus-e😀
    matur nuwun Pak ilmune.

    Tapi klo ndek dompet ada silet-e malah ngeri loh. heheheh😆
    .-= posting terakhir sahabat cah ndeso´s ..Indahnya Tali Persahabatan =-.

  16. aku pernah foto seperti yang diatas itu
    saat sunset😀
    *maaf nggak nyambung*
    .-= posting terakhir sahabat annosmile´s ..Cemoro Lawang Gate, Bromo Tengger Semeru National Park =-.

  17. trik yang menarik pak
    saya pengne mencoba juga tuh bila melakukan perjalanan
    .-= posting terakhir sahabat teamtouring´s ..Melihat Panorama Alam Gunung Kelud dari Puncak Gajah Mungkur =-.

  18. wah, baru tahu, thanks tipsnya
    .-= posting terakhir sahabat maya´s ..Perawat Kembar 4 Identik =-.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: