Barito Timur

ITSF AWARD 2010

In MOTIVASI, Uncategorized on Februari 17, 2010 at 10:43 am

Setiap tahun ITSF (Indonesia Toray Science Foundation) mengadakan nominasi penghargaan kepada guru guru IPA  SMA (Fisika , Kimia, Biologi) baik dari sekolah negeri maupun swasta. Penghargaan itu adalah penghargaan atas inovasi yang telah dilakukan (bukan rencana penelitian). Ada tiga tahapan yang harus dilalui untuk menuju puncak Science Education Award ini.

Hasil karya dapat berupa model pembelajaran, alat peraga yang digunakan selama pembelajaran berlangsung, penelitian atau percobaan yang berkaitan dengan mata pelajaran yang diampu. Bahkan ada juga yang sekedar review penggunaan software untuk pembelajaran, seperti pada tahun 2009 lalu ada yang semacam review penggunaan software HOTPOTATOES. Biasanya bukan atas dasar kecanggihan namun menitikberatkan pada sejauhmana hal yang kita lakukan berguna dan dapat diaplikasikan oleh guru yang lain atau masyarakat sekitar.

Tahap pertama adalah mengirimkan nominasi atas hasil karyanya yang berkaitan dengan kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan. Pada tahap ini peserta diusulkan/dinominasikan oleh Kepala Sekolah atau guru yang pernah mendapat penghargaan dari ITSF. Waktu tahap pertama ini biasanya pada bulan April s/d Juli.

Pada tahap kedua, penilaian usulan/nominasi. Jika peserta yang telah mengirimkan dianggap layak oleh Tim Komite Seleksi, maka akan ada pemberitahuan untuk melengkapi usulannya berupa proposal. tahap ini biasanya Agustus s./d September setiap tahunnya. Proposal yang dikirim disertai softcopy berupa CD presentasi yang disertai foto-foto dan/atau video yang mendukung. Format proposal telah disediakan oleh Tim Komite Seleksi.

Bulan November adalah saat pengumuman seleksi proposal yang masuk 15 besar terdiri dari 5 mata pelajaran Kimia, 5 Mata pelajaran Fisika dan 5 mata pelajaran Biologi.  Pada saat pengumuman ini langsung disebutkan waktu pelaksanaan interview dan presentasi di hadapan Komite Seleksi. Tahap ini saya sebut sebagai tahap ketiga. Pada tahap ini adalah tahap yang sangat menegangkankan karena dari 15 finalis akan dipilih 10 peserta yang akan meenerima penghargaan Science Education Award.

Pegumuman pemenang diumumkan melalui telepon dan pemberitahuan melalui email. Biasanya diumumkan pada pertengahan Desember. Selanjutnya pada pertengahan bulan Februari tinggal acara ceremony penyerahan hadiah berupa uang tunai sebesar Rp. 20.000.000,- (dua puluh juta rupiah) Sertifikat, pin burung merak dan lencana.

Semoga informasi ini dapat membantu guru-guru IPA SMA untuk mempersiapkan diri

PITUDUH : Kêcandhakíng sawijiníng idham-idhaman iku ora cukúp múng dibandang móncèr lan pêpakíng ilmu lan kawrúh baê. Nangíng ånå syarat siji kang ora kênå kalirwakakê, yaiku kapintêran ing bab sêsrawungan.

  1. wah,.. pak sastro yang orang pedalaman Kalimantan saja bisa, temen-temen guru yang lain pasti juga bisa. Yukk… kita kejar prestasi.. karena penghargaan ini dianggap paling tinggi di negeri ini
    .-= posting terakhir sahabat budies´s ..BENDERA PUTIH =-.

  2. Wah…. kalau tak sebarluaskan ke guru2 SMA di sekolahku boleh ndak pak?

  3. harus pak…lumayan 20 juta tanpa birokrasi yang mbulet dan pemotongan pajak

  4. hebat…. Pak sastro ini hebat pokoknya ….. wah jadi kepengan juga ….
    .-= posting terakhir sahabat bayuputra´s ..WASPADA CHIKUNGUNYA =-.

  5. wah curang komentar pertama nya di buat sendiri heee jadi nggak ada yang PERTAMAX nih ……

  6. saya berharaf banyak pak setelah bapak mendapatkan penghargaan dari ITSF ini yaitu :
    1. Guru-guru menjadi termotifasi dan bersemangat
    2. Semakin banyak guru-guru yang online (menggeluti dunia blog)
    3. Guru-guru yang masih merem supaya bisa melek (wong dengan duit 20 Juta masa nggak bisa melek toh pak.
    4. …………. masih banyak lagi pak nanti aja curhatnya waktu KOPDAR aja … biar tambah seru siap tau ada yang mentraktir heeee….
    .-= posting terakhir sahabat bayuputra´s ..WASPADA CHIKUNGUNYA =-.

  7. pin burung merak ?? kenapa yang dipilih burung merak pak ?? apa arti dari burung merak pak ???
    .-= posting terakhir sahabat bayuputra´s ..WASPADA CHIKUNGUNYA =-.

  8. saya terkesan kalimat yang ada di PITUDUH, mantep tenan pak Budies
    .-= posting terakhir sahabat antokoe´s ..Makhluk itu Bernama Jejaring Sosial =-.

  9. Ha Bagusss, pemerintah memang musti menyediakan lebih banyak anggaran untuk para guru yang bukan biasa-biasa saja. Bagi kita (guru) tentu yang paling utama tentu adalah kesempatan untuk dapat mengaktualisasikan diri di tingkat nasional, syukur sampai mendapat penghargaan (wah ini baru karunia yang bukan main dan mendapatkan hadiah tentu sudah sepantasnya).
    Terus semangat, p Bud, meski kadang harus menghadapi teman sendiri yang sewot karena iri.
    .-= posting terakhir sahabat M Mursyid PW´s ..Life is to Fight =-.

  10. Dapat hadiah domain aja pake acara seremonial tasyakuran. Lha, kok sepi-sepi aja???
    .-= posting terakhir sahabat akhta´s ..PENYESALAN YANG ABADI =-.

  11. guru smp gak bisa yah..??
    pdhal bapak sya juga seorang guru biologi..
    andai sja bisa, sya akand twarkan ke bapa sya untuk ikutan penghargaan ini.. !!😀
    .-= posting terakhir sahabat U-marr´s ..Dapet Tag Buku =-.

  12. @U-Marr: caranya dengan menghonor ke sma swasta terdekat dan nanti maju sebagai guru sma tersebut

  13. selamat atas prestasti pak sastro semoga bisa menjadi teladan bagi rekan2 sejawat. selamat berinovasi utk ikut berkiprah memajukan pendidikan di indonesia. salam super indonesia, keke …
    .-= posting terakhir sahabat sawali tuhusetya´s ..Pelantikan Pengurus Agupena Cabang dan Diskusi Kepenulisan =-.

  14. PING 202.134.1.10 -t
    .-= posting terakhir sahabat bayuputra´s ..WASPADA CHIKUNGUNYA =-.

  15. Selamat ya pak atas award yang diterimanya, kebanggaan tersendiri pastinya, sukses slalu

  16. selamat…hadiahnya cukup menarik moga muncul lagi Sastro Baru.
    .-= posting terakhir sahabat yusami´s ..IMBAS TEKNOLOGI =-.

  17. weeeh canggih pak guru ini….selamat ya pak atas prestasinya…semoga menambah semangat para guru lainnya untuk semakin berkarya
    .-= posting terakhir sahabat Oelil´s ..Sebelum setahun =-.

  18. Ckckckckck… senengane guyon, ngomonge santai akhernya dapat penghargaan… Kepada Bapak Budi Hormat graak !!!
    Salut buat bapak, 4 jempol dah… 2 jempol tangan dan 2 jempol lagi pinjem jempolnya temen… ( gak sopan kalo pake jempol kaki… hehehehe… )
    .-= posting terakhir sahabat zarod´s ..( belajar nge ) Desain Buku Tahunan =-.

  19. Luarbiasa….. inspiring lah pokoknya… dari awal silaturahmi lewat alam maya saya sdh punya firasat bhw bapak bukanlah guru biasa…hampir mendekati superman dan batman lah… hehehehehe! Smoga ke depannya semakin banyak guru-guru yg bertugas pengabdian mendidik anak bangsa di daerah pedalaman kalimantan yg mencetak prestasi serupa dan mampu menunjukkan dedikasi kerja yg melintasi batas teritorial. Insya Allah apa yg sdh pak budi lakukan dan hasilkan, akan mampu menginspirasi guru2 katrok, culun serta ndeso seperti saya utk bisa berbuat dan bekerja maksimal demi lebih mencerdaskan anak bangsa dan mengangkat harkat derajat mereka ke tingkat yg lebih baik di masa depan.

  20. Luarbiasa….. inspiring lah pokoknya… dari awal silaturahmi lewat alam maya saya sdh punya firasat bhw bapak bukanlah guru biasa…hampir mendekati superman dan batman lah… hehehehehe! Smoga ke depannya semakin banyak guru-guru yg bertugas pengabdian mendidik anak bangsa di daerah pedalaman kalimantan yg mencetak prestasi serupa dan mampu menunjukkan dedikasi kerja yg melintasi batas teritorial. Insya Allah apa yg sdh pak budi lakukan dan hasilkan, akan mampu menginspirasi guru2 katrok, culun serta ndeso seperti saya utk bisa berbuat dan bekerja maksimal demi lebih mencerdaskan anak bangsa dan mengangkat harkat derajat mereka ke tingkat yg lebih baik di masa depan.

  21. @Zainal: wah bapak terlalu memuji, saya merasa jalan sebagaimana biasa, dan saya menikmati apa yang saya lakukan
    terima kasih dukungannya..semoga pendidikan lebih bermartabat

  22. selamat mas atas awardnya..
    semoga bisa memacu semangat guru-guru yang lain
    .-= posting terakhir sahabat annosmile´s ..Berwisata di Bendungan Selorejo =-.

  23. selamat y kawan
    sukses selalu
    salam hangat dari blue
    .-= posting terakhir sahabat dobleh yang malang´s ..rinai hujan di pewarna usianya…………… =-.

  24. ternyata pak budi juga dapat toh…
    turut berbahagia pak…

  25. lama saya tak berkunjung,,,
    semoga persahabatan guru dan engineer tetep terjaga.. amin

  26. wewww..hebat. selamat aas prestasinnya.. semangat dan terus berkarya.. moga bangsa ini bisa lebih maju dan cerdas.. salam hangat..😀

  27. p cabar
    semangatnya mana
    salam hangat
    .-= posting terakhir sahabat dobleh yang malang´s ..Tinggal landas buat kekasih =-.

  28. Slamat untuk pak Budi, smoga terus berinovasi dan salam kenal.

  29. Semoga dengan ada award ini guru IPA tambah kreatif
    .-= posting terakhir sahabat cobaberbagi´s ..GURU GO BLOG =-.

  30. Selamat Pak Budi.. Saya bisa byk belajar dari bapak😀

  31. Selamat Pak Budi. Saya bisa banyak belajar dari bapak😀
    .-= posting terakhir sahabat Nurita Putranti´s ..Internet sehat bagi siswa =-.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: