Barito Timur

MENGEMBALIKAN DATA FLASHDISK YG HILANG

In pendidikan, Uncategorized on Februari 5, 2010 at 8:12 am

MENGEMBALIKAN DATA FLASHDISK YANG DISEMBUNYIKAN OLEH VIRUS

Sebelumnya saya mohon maaf kepada para petinggi blogger, nayakaning blogger, sesepuh blogger atau blogger senior ingkang pantes pinundi saha kinurmatan. Wondene kula kumawantun marak cumantaka memposting judul ini bukan karena bisa, namun hanya untuk pengeling-eling khususnya bagi saya sendiri yang sering lupa. Sehingga saya merasa perlu mengarsipkan mantera-mantera ini.

Berawal dari kejadian kemarin ketika siswa saya mau mengumpulkan tugas yang telah tersimpan di flashdisk ternyata setelah dicolok di komputer sekolah, data yang telah dibuatnya hilang. Siswa saya hampir menangis karena merasa tugasnya telah dibuat dan disimpan dalam flashdisk tersebut. Setelah saya lakukan dengan sedikit mantra-mantra, data bisa muncul kembali. Siswa saya tadi berkeinginan untuk mencatat langkahnya. Namun saya berjanji akan menjawabnya melalui postingan di blog ini. Untuk itu sekali lagi saya mohon maaf jika mantera ini jadul, jika ada mantra yang lebih yahud mohon petunjuknya.

Adalah kerjaan virus jika data yang tersimpan di komputer tiba-tiba hilang (tersembunyi …red). Flashdisk saya minta dan saya colok ke kompi. kemudian mengaktifkan command promt dengan langkah : Start – Accesories – command promt. muncul seperti gambar di bawah

selanjutnya ketik huruf dimana flashdisk diidentifikasi oleh komputer kita diikuti “titik dua” lalu enter [F:]

Mantera yang diketik setelah muncul F promt adalah : ATTRIB -S -H F:*.* /S /D lalu enter. seperti gambar di bawah

tunggu beberapa saat, hingga kembali ke F promt ( F adalah drive yang dialokasikan untuk flashdisk kita). Setelah berhasil jendele command promt dapat ditutup dan flashdisk dibuka dari windows explorer. Data telah muncul kembali…siswa saya senang…alhamdulillah. bisa membuat siswa saya (SMA di Kalimantan Tengah) tersenyum puas.

Pangéran iki Måhå Kuwåså, pêpêsthèn såkå karsaning Pangéran ora ånå síng biså murúngaké.


  1. Cihuiiiii, Pertamax
    .-= posting terakhir sahabat akhta´s ..Kedewasaan Berpolitik dan Berpendidikan =-.

  2. Kalo sudah pertamax, gak perlu komen yang keduax
    .-= posting terakhir sahabat akhta´s ..Kedewasaan Berpolitik dan Berpendidikan =-.

  3. Dapat ilmu baru nih….

  4. Dapat ilmu baru lagi nih…. Dari pak budi

  5. perlu di print nih posting, muantap…semangat..semangat…
    .-= posting terakhir sahabat yussa´s ..DIALOG DENGAN DPR =-.

  6. Kulonuwun………….
    Nyuwun sewu, punapa punika leres blogipun Pak Budi Santoso saking Barito Kalimantan? kok kula kapang kalian dalemipun. Kamangka rumiyin mboten makaten. Wah kula ketinggalan sepur punika. Inggih Nyuwun pangaksami Pak Budi jer koneksi internet kula asring lelet lan eror, dipun tambah listrik asring pejah. Dados mboten saged blogwallking.Wah jan, saestu nyuwun pangapunten Pak Budi.
    Salam anget jabat raket saking kula.

  7. Hehehe………baru ngeh saya sekarang. Selamat Pak Budi atas penempatan rumah barunya. Jadi punya rumah dua dong. Selamat sekali lagi. Emang beda ya yang free sama yang bayar.
    Oya, saya link ya ke blog saya, biar pertemanan tetap terjalin akrab.
    Salam hangat jabat erat dariku.
    .-= posting terakhir sahabat Rachmad Widodo´s ..Cerita Motivasi : Pemuda dan Gadis Kecil Penjaja Kue =-.

  8. Soal isi tetap lebih mantap rumah pertama, tapi segi penampilan dan pelayanan kayaknya rumah kedua lebih nyuss dan kompatibel.
    Salam hangat jabat erat dariku lagi.

  9. mantranya cespleng pak Budi

  10. manta pak, klo saya langsung saja pake mantra start-run-isi kotak run dengan huruf CMD-dan setersusnya sama seperti bapak… hehehe
    aslinya sama saja, jadi malu,,

  11. @yunus: ah ya enggak lah, malah perluasan,saya yang terima kasih, menambahkan

  12. ajining diri dumunung ono athi…kados pak guru ingkang sampun damel siswanipun bingah ngantos jumpalitan
    .-= posting terakhir sahabat Oelil´s ..Budayakah Kekerasan? =-.

  13. @oelil: ajining diri dumunung ono lathi… wah jan dasar isih lantip tenan, aku arep nulis wae buka kesana kemari

  14. Aku kok isin kro awakku dw, wong jowo tp ra jawani ( maksudnya terlalu kagum dg pemakain kata2 pembuka panjenengan pak ).
    Biyuh. . . sampeyan niki kok yo ada aja idenya, dr mana saja tho pak nyumberé ?

  15. pak setting buat commen LUv nya gmana ya??. milik saya g bisa..

  16. Sayang sekali, saya belum bisa praktekkan mantera-mantera dari Pak Budi yg ini. Belum ada kompi sama flashdisk-nya soalnya..hehe 🙂
    Tapi kodenya mau tak copy dulu ya Pak, buat jaga2 ntar kalo nemu trouble kayak gitu..
    Terimakasih banyak utk info manteranya Pak.. 🙂

  17. @Zarod: halah lhawong itu gin kada baik
    @Yunus: saya juga kotak -katik gak ngerti lho mas, wis yang penting klik sana-sini… makanya beberapa hari ini hanya utak atik rumah baru. karena gak paham
    @Harana: itupun saya dapat dari mana entah, saya lupa, dan sesekali kasus itu muncul di depan orang banyak, misale pas penataran…lha kalau gak bawa catetan khan saya lupa

  18. muangstaaabbbb 😉
    ijin menyalin artikel-e ya Pak. daripada ntar nyelonong lupa lagi. Maklum, dah tuwek. Jadi sering lupa 😆

  19. wah, ternyata bahasa jawa alus alias krama inggil berkembang pesat juga di kalimantan tengah, hehe … mantab. matur nuwun infonya nih, kang bud. itu kalau pakai windows atau open source?
    .-= posting terakhir sahabat sawali tuhusetya´s ..Ujian Nasional dan Robotisasi Siswa Didik =-.

  20. Ilmu baru yang harus di pertahankan. Untuk sa’at ini saya belum memiliki PC Sendiri. tapi tidak ada salahnya mempelajari tentang seluk beluk PC. terimakasih dan selamat pagi.

  21. info yang berguna … jika ada masalah seperti itu, tinggal buka blog ini saja, kadang masalah sederhana menjadi luar biasa masalahnya jika tidak tahu cara mengatasinya.
    .-= posting terakhir sahabat HE. Benyamine´s ..PILKADA KALSEL 2010: DZIKIR POLITIK YANG MENGANCAM =-.

  22. Sayng banget mkemarin flash disk saya buang lantaran error. Padahal lumayan banyak datanya.
    .-= posting terakhir sahabat alamendah´s ..Kutulis Surat Cinta Ini Di Hamparan Bunga Edelweis Di Alun-Alun Suryakencana =-.

  23. mampir bentar ah…
    .-= posting terakhir sahabat yusami´s ..DIALOG DENGAN DPRjan =-.

  24. tambahan maneh ilmune……..
    manur nuwun…..

  25. terimakasih bagi2 ilmunya pak budi

  26. data di flashdisk dan duit2nya yang hilang, gimana ini ?

  27. kalau mengembalikan flashdisk yang hilang gimana pak budi

    salam dari pamekasan madura

  28. tipsnya sangat berguna sekali Pak, mudah-mudahan jadi ilmu yang bermanfaat…amiin. Kunjungan perdana pak, and ditunggu kunjungan baliknya ya… wassalam.
    .-= posting terakhir sahabat darin´s ..SERBA SERBI AKSELERASI =-.

  29. kok aq uda coba tpi gk bsa ea??///

Tinggalkan komentar