Barito Timur

ROTATOR MANUAL PARABOLA

In PARABOLA on Januari 23, 2010 at 8:01 am

Sebenarnya saya kok rada malu posting ginian, masak parabola kok diikat pake tali sling, beli rotator lak uwis. selesai. tapi berhubung saya ingin menunjukkan bahwa saya orang yang gak punya duit. ya udahlah. sedikit NARSO (narsis tapi ndeso).

postingan ini merupakan sambungan dari postingan melacak, mencari posisi satelit. karena ada beberapa yang nanya gimana sih mencari satelit? bahkan ada yang nelpon segala. ada yang dari arab, merauke, sabah malaysia, kudus, pontianak, halah…

baiklah, kita balik ke permasalahan pingin cari satelit dengan cara manual, (SMS = sari Satellite Manual System) persyaratannya tentu pemasangannya sudah bener, sesuai dengan petunjuk, halah…

parabola3bahan dan peralatan yang diperlukan adalah

1. per, saya gunakan per panjang yang biasa dipake tracksando, ayunan

2. tali baja/sling 10-20 meter (sesuai keperluan)

3, roda kecil, saya pake kerekan burung = 2 ( atau lebih)

4. kayu balokan, besarnya menyesuaikan

5. peralatan seperti palu, tali kecil pengikat, paku, kopi dan jajanan secukupnya

caranya:

1. per dipasang di sebelah barat, karena satelit banyak di bagian barat

2. sling dipasang di sebelah timur, roda dipasang di tempat tikungan. pada ujung tali di beri gantungan yang ada lobangnya. lubang tersebut digunakan untuk mencantolkannya di paku-paku. paku-pakau nanti merupakan cantolan tiap satelit. paku  pertama dibuat tingginya sekitar 1 meter.

3. setelah per diikat dan sling dipasang dicantolkan pada paku, maka kedua alat ini dapat menyangga gerakan parabola barat-timur. pastikan sudah pas. lepaskan besi penyangga barat-timur (seperti pada gbr).

4. ketika besi penyangga dilepas, kekuatan sinyal tidak berubah. selanjutnya siap melakukan SMS (satelite manual system)

5. siapkan daftar satelit dan daftar transponder (dapat didonlot disini)

6. buka receiver-tambah transponder. misalnya anda ingin cari satelit telkom, asukkan salah satu transponder misalnya JTV : freq=04096, symrate =03126, pol = H, kemudian lepas tali dari paku-jangan pencet tombol OK terlebih dulu

7. gerakkan/ulur-tarik pelan-pelan hinggga diperoleh sinyal. jika sinyal didapat berarti satelit telkomnya dapet. tandai dan beri paku. setelah itu bari tekan OK.

8. jika JTV dapet, bararti transponder lain di satelit tersebut dapat dicari

9. berikutya untuk nyari satelit lain, tinggal sama seperti langkah 6-8. jika langkah 6-7 gagal, berarti pemasangan parabola tidak pas.

10. bbrp receiver sudah dilengkapi daftar satelit dan transponder. kalau satelit dah dapat, masuk ke lacak satelit, maka tv yg FTA (free to air) langsung dapat semua di satelit tersebut

selamat mencoba

Tags: , , , , , , ,

  1. salam kreatif dari bojonegoro

  2. kreativitas membuat hal lebih banyak bermanfaat, hebat pak Budies, ternyata ada yang tidak selalu tergantung dengan barang pabrikan, sukses selalu Pak.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: