Barito Timur

PAPERBOLIC INDOOR PARABOLIC

In ide-ide, maen Excel, PARABOLA on Januari 23, 2010 at 8:13 am

REFLEKTOR KERTAS BOLIK

lengkapKertas bolik adalah reflektor yang terbuat dari kertas-kertas bekas. Alat ini berfungsi mengumpulkan sinyal wifi yang dipancarkan oleh akses poin kemudian di fokuskan ke USB WIFI adapter. Prinsip kerjanya seperti parabola yang mengumpulkan sinyal ke satu titik fokus. Atau wajan bolik seperti pada postingan sebelumnya. Keuntungan kertas bolik ini adalah fokus dan besarnya kertas bolik dapat ditentukan sebelumnya dengan menggunakan persamaan parabola Y2 = 4 pX. Selain itu dengan kertas bolik biaya yang dikeluarkan menjadi lebih murah. Kelemahan kertas bolik ini adalah tidak tahan terhadap guyuran hujan, sehingga hanya cocok digunakan untuk dalam ruangan.
PERSIAPAN
Alat bahan : kertas bekas 50 lembar, semen 1kg, pasir 1 ember, lem kertas, gunting, ember, aluminium foil
Pada eksperimen ini dibuat ukuran parabola dengan diameter 400mm , kedalaman 40mm dan fokus 250 mm.Untuk membentuk grafik parabola seperti ukuran di atas digunakan aplikasi Excel. Grafik yang dihasilkan di cetak kemudian dibuat mal/sket pada sebuah papan kayu yang tipis. Papan kayu yang sudah dibuat melengkung digunakan untuk membentuk adonan semen-pasir agar menjadi bentuk gundukan seperti wajan yang ditengkurapkan.
Sambil menunggu gundukan semen kering, kertas-kertas bekas yang akan dipakai direndam air terlebih dahulu kurang lebih satu hari. Jumlah kertas yang digunakan sekitar 30 lembar kertas HVS folio bekas. Lem yang digunakan dapat membeli lem FOX atau membuat sendiri dari tepung kanji yang diberi sedikit terusi (Tembaga Sulfat/CuSO4) agar tidak basi.
Setelah gundukan semen mengering dan keras, pekerjaan menumpuk kertas dapat dimulai. Peletakan kertas pertama tidak perlu diberi lem agar ketika diangkat kertas tidak lengket dengan semen. Lembar demi lembar kertas basah tadi disusun dengan hati-hati sambil setiap lembar kertas yang telah tersusun diolesi lem. Begitu seterusnya kertas-lem, kertas lem hingga tumpukan kertas yang membentuk sesuai gundukan semen tadi mencapai ketebalan sekitar 10-15 lembar kertas.
Pekerjaan menempelkan kertas telah selesai. Selanjutnya tumpukan kertas tadi dikeringkan hingga kering betul. Proses pengeringan ini dapat memakan waktu hingga 3 hari tergantung cuaca. Setelah kering kertas dapat diangkat dari gundukan semen, dan terbentuklah kertas seperti wajan. Bagian tepi kertas yang belum rapi dirapikan dengan mengguntingnya.
Bagian dalam kertas ditempeli aluminium foil. Tepat di bagian tengah dilobangi sebesar ¾ inc untuk pemasangan sambungan paralon. Reflktor siap digunakan.

ANTENE KERTAS BOLIK
Alat dan bahan : USB Wifi adapter, kabel USB eksternal, kabel UTP 10 meter, kaleng susu, gunting, solder, lem paralon, paralon ¾ inc, sambungan paralon, sumbat karet, paku sekrup, obeng, tang jepit, solder dan timah, isolasi, serta reflektor kertas bolik yg telah dibuat

alat1

alat2 gbr3 kabel-utp

Gbr.1 gbr. 2 gbr. 3 gbr.4
Penyambungan kabel UTP dengan kabel USB eksternal
Potong kabel USB eksternal(Gbr.3) kurang leih 10cm dan dikupas masing-masing kabel. Kabel USB ada 4 warna : merah, putih, hitam hijau. Sedangkan Kabel UTP (gbr.4)berisi 8 buah kawat tunggal yang berwarna : 1. biru, 2. biru strip, 3. hijau, 4. hijau strip, 5. coklat, 6. coklat strip, 7. orange, 8. orange strip. Penyambungan kabel UTP dengan kabel USB (gbr.5) adalah sebagai berikut :
Warna hijau ……………………………- hijau
Orange ……………………………- putih
Biru, biru strip ……………………………- merah
Coklat, coklat strip, hijau strip, orange strip …………..- hitam

usb-utp

paralon2

Gbr. 5 gbr. 6
Melobangi kaleng susu
kaleng susu dipotong sepanjang 9 cm dari dasar (gbr.6)
dibuat lobang kira-kira cukup untuk ukuran USB pada jarak 3 cm dari dasar

gbr7 gbr8 gbr9 gbr1o

Gbr. 7 gbr.8 gbr.9 gbr. 10
Gbr.7 memotong paralon sepanjang 25cm + ujung kaleng (yang panjang paralon ditambah schok)
Gbr. 8 paralon dilobangi untuk USB Wifi
Gbr. 9 ujung paralon diberi sumbat karet untuk memasang sekrup dari luar ( gambar lain gbr, 11, 12,15)
Gbr. 10 USB wifi di lengketkan dengan lem bakar (sebenarnya ini isi lem tembakan)

sambungan-paralon paralon-sumbat21 paralon-kaleng par-wifi-klg

Gbr 11 gbr. 12 gbr. 13 gbr. 14
Gbr. 13,1 4 tampak posisi pemasangan paralon dari depan
Gbr. Gbr. 16 pemasangan paralon pada kaleng yang di sekrup dari belakang

lilin kaleng-sekrup par-foil par-parln

Gbr. 17 paralon dililit kertas aluminium foil
Gbr18 paralon dibentuk siku untuk menyangga parabola dari belakang
Gbr. 15 gbr.16 gbr.17 gbr.18

par-ref-2 par-reflktr lengkap2

Gbr.19 gbr.20 gbr.21
Gbr. 19,20,21 pemasangan paralon dengan parabola
Selesai
Ketika dicoba maknyos, hasilnya lebih baik dari wajan bolik karena fokus, kelengkungan dan diameter dapat ditentukan sebelumnya

  1. wah selamatannya mana pak

  2. wah bagus juga tu temanya

  3. Wah patut dicoba bikin pak, sayangnya tempat kita gak ada akses pointnya, saya sama teman saya pernah bikin pak tapi kendalanya ya itu kabel USB wifix supaya sampe ke kmpterx kan panjang itu jd ksulitanx d sto kmngkinan perlu beli alat tambhan lg pak saya lupa nama alatnya

  4. Sengaja mengunjungi sahabat untuk mengkokoh-kuatkan silaturahmisambil cari Ilmu.
    Tak lupa saya jua membawa doa agar sahabatku diberi kesehatan yang prima, kesejahteraan dan rejeki yang barokah,kesuksesan dan kebahagiaan yang hakiki. Amin
    Salam hangat dari Surabaya

  5. bagus juga nih, bisa dicoba. Salam sukses selalu.

  6. wah tema baru pak… jauh lebih bagus pak…

  7. Salam ..kunjungan perdana tambah kerent aja ni pak .

    mkasih Infonya untuk perlu di coba .

  8. menarik keknya, wah bisa buat lihat channel tv luar dunk, nggak pake langganan juga isa yah?

  9. @ruangHati: bisa tapi yangFTA (free to Air) tentunya,

  10. saya baru pertama ke sini kayaknya ya pak..domain baru ya pak?

  11. @Oelil :betul, dan masih dalam taraf latihan ni

  12. OOT: Terima kasih mas. Menang ndak menang, si anak tetep harus diobati. Dengan sedikit dukungan dari kita, minimal beban mereka bisa dikurangi.Salam.

  13. wah tambah mantap aja pak.. jadi pengen nyoba juga…(seandainya ada jaringan hotspot di Ampah)

  14. Wuih Mantab sekali nih … bisa di coba untuk ekperimen … Makasih sharing ilmunya .. Mas
    Tetap semangat ngeblog

  15. Wah bikin parabola …… belum terbayang. tapi coba saya membaca ulang lagi.Ijin prin ya pak.

    Btw, alhamdulillah lancar setting dotinfonya pak.

  16. Wah..,ketinggalan au wisan..
    Selalu ada tema menarik dari pak guru yang kreatif ini..,mbokyo aku njajal di golekne penguat signal HP sing mantab hneh..,ben tambah JOSS nek ngenet..ckxkxkxkxkx..😀

  17. @arsakala: pak yayat, saya cuma iseng-iseng kok, malu saya
    @sang : lha dulu waktu beli hape apa nggak sama sinyalnya to mas

  18. wew… tutorialnya makin jos dan top-markotop. kang bud. tapi kok saya ndak mudheng2 juga, ya, hehe … dasar orang gaptek, haks. lama-lama kang bud bisa bikin koneksi net sendiri seperti model server offline, nih.

  19. wow… keren eksperimennya… keren! Dan hasilnya ternyata labih bagus dr wajanbolic ya.. ck ck ck

  20. duh, kalau sudah urusan kabel2 kayak gini, gak ngerti deh.
    itu urusannya laki2 saja deh.
    bunda cuma nonton saja, kalau sudah jadi bilang2 ya Pak.
    salam.

  21. memang betul mangstabs pak budi
    science sejati dengan bahan ala kadarnya

  22. rumah barunya mantab pa budi

    salam hangat dari pamekasan madura

  23. kayaknya harus buka-buka blog ini suatu saat diwaktu lagi senggang tuh

  24. guru yang kreatif pak
    mantap! boleh dicopy nda??

  25. @coba: silakan kalau ada yang bermaanfaat
    .-= posting terakhir sahabat budies´s ..PUISI TITRASI =-.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: