Barito Timur

SEGELAS BERDUA SATU LNB 2 RECEIVER

In ide-ide, PARABOLA on Januari 23, 2010 at 8:04 am

parabola1Bagi pengguna parabola untuk menangkap siaran TV, istilah sepiring berdua adalah satu disk (parabola-red) dipasang dua buah LNB, sehingga dapat menangkap siaran dari dua satelit sekaligus. Untuk Indonesia biasanya satelit Palapa dan satelit telkom. Jadi sepiring berdua adalah satu disk-satu receiver tapi dua LNB, dus..jumlah chanelnya makin banyak.

Pernahkah para pengguna para bola mengalami rebutan nonton siaran TV? Ibu suka sinetron, anak suka kartun. Wahh pasti pernah. solusinya adalah SEGELAS BERDUA. Satu disk-satu LNB- dipasang dua receiver dan dua TV tentunya.

Cara mengatasinya adalah dengan mengganti LNB single receiver dengan LNB dual receiver( seperti pada gbr.1). LNB ini mempunyai dual port untuk ke receiver, sehingga kita bisa memasang dua buah receiver. satu dipasang di ruang keluarga, satu lagi receiver + TV dipasang di kamar anak.

lnb2

gambar 1.

Teknik pemasangannyapun tidak terlalu rumit, tapi tidak juga  sembarangan. Untuk LNB single sudut NOL pada LNB mengarah ke Barat-Timur. Pada LNB dual sudut NOL mengarah Utara-Selatan. Mudah bukan? Harganyapun relatif murah (ditempatku Rp. 175.000) dibanding harus memasang disk baru lagi.

Pada kasus receiver dipararel, tedapat kelemahan yaitu jika receiver induk menonton salurah TV Horizontal maka receiver lainnya harus mencari tv yang salurannya horizontal juga. tetapi pada SEGELAS BERDUA horizontal dan vertikal dapat berjalan bersama. Asyik bukan? segelas berdua…karena LNB mirip gelas. hehehehe

Selain tentang segelas berdua, saya punya cerita lain yang barangkali Anda juga pernah mengalami. Kerusakan pada receiver. Suatu ketika receiver saya gak mau ngeluarin gambar, padahal lampu indikator nyala. Karena suka iseng lalu kubukalah receiverku. Terdapat dua blok PCB, satu bagian power satu lagi bagian digitalnya. (gambar 2)

power

gambar 2

Ternyata pada bagian power saya menemukan condensator electrolite (elco) yang menggembung. Wah ini yang rusak dan perlu diganti. Dengan solder dan menyedot timah saya cabut elco yang gembung tersebut. Nilainya 100uf/16volt. cari ke pasar, dapat, pasang, Mak nyus dapat nonton lagi.

Gimana dengan cerita Anda? yuk berbagi….

  1. sukss pak rumah barunya

  2. ditunggu kabar nya kapan selamatan

  3. sukses saja, semoga gak luapa dengan saya

  4. Sukses pak…pengen bisa seperti bapak

  5. senang sama ilmu aplikasi bapak……..tambah modal saya nich….
    thank’s ya…

  6. simple banget…. tapi hasilnya aman2 aja kan ??

  7. BOLEH JUGA TUH, TAPI KALAU ADA YANG LEBIH MENARIK CARI CARA UNTUK MENGAKALI TANPA BELI BRO.. HEHEHEHE

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 60 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: